Phone

(0251) 8656503

Email

marketing@joyahougan.com

Opening Hours

Mon - Sat : 8AM - 5.30PM

Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil – Saat seorang wanita sedang hamil pastinya akan sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi setiap produk. Karena pastinya setiap produk yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap janin yang ada di kandungannya baik makanan maupun kosmetik.

Namun karena sangat berhati-hati ada juga wanita yang takut menggunakan kosmetik, padahal wanita hamil juga harus tetap menjaga penampilannya.

Dan sebaliknya ada juga wanita hamil yang belum memahami bahaya-bahaya penggunaan kosmetik secara sembarangan saat hamil yang juga dapat berpengaruh terhadap janin yang ada di kandungannya.

Untuk itulah kami mencoba menjelaskan cara memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil agar anda bisa mewaspadai bahaya-bahaya yang muncul dari penggunaan bahan-bahan kosmetik yang tidak cocok untuk ibu hamil sebagai berikut :

Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

  • Produk kosmetik pembersih jerawat

Banyak sekali produk anti jerawat yang sebenarnya mengandung zat-zat dan bahan-bahan yang tidak aman untuk ibu hamil. Oleh karenanya ibu hamil yang hendak menggunakan kosmetik anti jerawat sebaiknya melihat komposisi yang terkandung didalam produk anti jerawat yang akan digunakan.

Bahan-bahan kosmetik anti jerawat yang tidak aman digunakan Ibu hamil antara lain adalah tretinoin atau isotretinoin. Selain itu asal salisilat yang fungsinya untuk pengelupasan kulit juga dinilai beresiko walaupun dalam dosis kecil masih bisa dianggap aman.

  • Produk kosmetik antipenuaan

Bahan-bahan yang terkandung dalam produk-produk kosmetik antipenuaan juga perlu diwaspadai karena beresiko menyebabkan gangguan pada janin yang ada di kandungan. Bahan tersebut diantarannya adalah retinoid yang merupakan turunan vitamin A. Biasanya fungsi dari zat ini adalah untuk memperbaiki warna kulit dan mengurangi kerutan.

  • Pewarna kuku

Penggunaan pewarna kuku sebaiknya juga sangat hati-hati. Karena ada kandungan phthalates yang menurut penelitian kemungkinan dapat menyebabkan janin laki-laki setelah lahir memiliki gangguan perkembangan seksual.

Bahan kosmetik yang disebut phthalates ini juga biasanya digunakan bada prpduk hairspray. Selain itu jika ibu hamil ingin menggunakan pewarna kuku, usahakan untuk menggunakannya diruangan terbuka agar bahan-bahan yang ada didalam produk pewarna kuku tidak terhirup oleh ibu hamil.

  • Tabir surya

Ibu hamil juga harus melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari yang tentunya juga tidak baik bagi kulit. Namun penggunaan tabir surya yang tidak tepat atau bahkan dilarang untuk ibu hamil malah akan membahayakan bagi janinnya.

Produk tabir surya yang memakai bahan oksibenzon dalam pembuatannya dicurigai menyebabkan bayi yang lahir mengalami kekurangan berat badan.

Untuk keamanan dan kesehatan janin Ibu hamil sebaiknya produk tabir surya yang digunakan adalah tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan seng oksida (zinc oxide), keduanya dinilai aman karena tidak terserap dalam kulit dan juga tetap dapat melindungi kulit.

  • Pewarna rambut

Kebanyakan pewarna rambut yang ada mengandung amonia. Zat kimia ini kemungkinan dapat masuk kedalam kulit ibu hamil. Akibatnya ibu hamil dapat mengalami rasa mual.

Oleh karenanya ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakan produk pewarna rambut apalagi pada saat usia kehamilan masih pada trismester pertama.

Nah demikian produk-produk dan juga bahan-bahan kimia yang ada dalam produk-produk kosmetik yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Pastinya kehamilan yang sehat sehingga bayi yang lahir juga sehat harus terus dijaga maka ibu hamil harus selalu waspada dalam memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil.

Recommended Articles

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 10 =